Jumat, 07 Mei 2010

perkembangan bahasa

scaffolding adalah perubahan bentuk dukungan, selama anak mengalami masa pembelajaran dengn org dewasa yang lebih terampil, dan akan mengubah tingkat bimbingannya sesuai dengan tingkat kemampuan anak tersebut, jika dijelaskan dengan contoh adalah orang tua akan setiap hari memperhatikan anak pada saat belajarmakan sendiri, pada awalnya mungkin saja org tua akan memberi tau dimana letak sendok-garpu dan juga piring, dan dimana pula anak mengambil nasi meski tidak langsung mengambil sendiri nasinya, semua diajari terus menerus sampai anak tau bagaimana caranya makan sendiri. tapi ketika anak mulai mengerti dan bisa makan sendiri, orang tua tidak lagi repot - repot mengingingatkan kita bagaimana caranya mengambil nasi dan piring pada tempatnya. adanya dialog antara orang tua dan anak sangan dibutuhkan, karena jika scaffolding dilakukan tanpa menggunakan dialog atau komunikasi yang baik, maka scaffolding tidak akan terlaksana dengan baik.

Ocehan - ocehan anak pada masa balita sangan penting terjadi, hal tersebut dikarenakan anak akan belajar mengungkapkan emosinya dengan berbicara dan bukan hanya diam seribu bahasa saja. banyak bertanya jg bisa membantu anak untuk meningkatkan kemampuan bahasanya.

kemampuan berbaha anak juga bisa dilihat dari batas atas ZPD dan batas bawah ZPD, karena anak yang mempunyai kemampuan bahasa yang baik dan tinggi, akan bisa bekerja secara lebih mandiri. arti dari batas atas ZPD adalah tingkat tanggung jawab tambahan yang dapat diterima oleh anak dngan bantuan instruktur, sedangkan batas bawah ZPD adalah tingkat keahlian yang dimiliki anak yang bekerja secara mandiri.

2 komentar:

  1. Hai darling...ini mana perkembangan bahasa anak itu sendiri..misal echoing, bubbling, dst...
    paragraf per paragraf juga kurang nyambung ya :)

    tetep semangat!

    BalasHapus
  2. oh iya Madam..
    saya masih agak bingung mau menuliskan apa?
    jd ya agak sedikit ndak nyambung...

    terimakasih Madam atas sarannya..
    jadi ini perlu diperbaiki ya Madam?

    BalasHapus