Jumat, 07 Mei 2010

perkembangan Emosi

Pengertian emosi itu sendiri adalah perasaan yang timbul pada saat seseorang ada pada situasi atau keadaan yang dianggap penting, yang saya ketahui, emosi cma ada marah, sedih, dan senang, ternyata banyak sekali macam emosi yang terlihat selama ini tp tidak pernah disadari.

Ada saatnya emosi itu terlihat jelas dan ada jg yang tidak terlihat sma sekali, ada pula emosi yang menbawa kita pada sikap - sikap negatif dan ada pula yang membawa kita pasa sikap - sikap positif. emosi - emosi itu kita dapat dari orang tua kita dan budaya yang ada dilingkungan sekitar keluarga kita, jika keluarga kita selalu menanggapi masalah dengan marah-marah dan menghancurkan segala yang ada disekitarnya, maka kita juga akan melakukan hal yang sama dengan keluarga kita.

Ada dua macam emosi sesuai dengan konsep perkembangan emosi yaitu emotional Regulation dan emotional Competence. Emotional Regulation adalah emosi yang sengaja diatur agar tidak mengacaukan lingkungan sekitar, sedangkan emotional Competence adalah emosi yang harus dikuasai dengan lingkungan sekitar dan dalam konteks sosial. dalam pengetahuan kita pasti berfikir bahwa hanya orang dewasa saja yang mempunyai emosi, ternyata bayi pun mempunyai emosi yang sama pada usia - usia tertentu, misalnya pada usia 3 sampai 8 bulan emosi yang tampak adalah senang, sedih, marah, jijik, dan takut. sedangkan usia 1,5 sampai 2,5 tahun emosi yang tampak adalah empati, cemburu, bangga, malu, dan merasa bersalah. jika sedih, senang dan takut, anak akan menampakkan mekanisme ekspresi emosi mereka dengan menangis, tersenyum dan ketakutan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar