Minggu, 30 Mei 2010

perkembangan diri dan identitas

pemahaman diri adalah presentasi kognitif anak mengenai dirinya sendiri. misal seorang anak laki2 berusia 11 thn mengerti dirinya adlh seorg pljar, pemain bola, pecinta games, dan sayang dgn keluarganya. sedangkan anak perempuan berusia 14 thn mengerti bahwa dirinya adlh anggota OSIS, sedang dlm msa puber dan hoby menonton bioskop.

sebelum anak mengerti tentang dirinya sendiri, anak akan mengalami perubahan dalam perkembangan terlebih dahulu,

1. masa bayi pada masa ini bayi masih belum bisa menceritakan bagaimana mereka melihat diri mereka sendiri, karna bayi tidak bisa mengekspresikan dirinya secara verbal.

2. masa kanak2 awal : pada masa ini anak2 sudah bisa berkomunikasi secara verbal tapi anaknpada masa ini hanya memiliki 5 karakteristik utama pemahaman diri pada anak2, yaitu kebingungan mengenal diri, deskripsi kongkret, deskripsi fisik, dan ketidak mampuan untuk mengenali lawan atribut yg mungkin ada.

3. Masa kanak2 Madya dan Akhir : pada masa ini evaluasi diri pada anak menjadi lebih kompleks, dan terdapat 5 perubahan penting yang menjadi karakteristiknya, yaitu Karakteristik internal, deskripsi sosial, perbandingan sosial, real self n ideal self, realistik.

4. Masa Remaja : pada masa ini anak melakukan kecenderungan untuk membandingkan diri sendiri dengan org lain.

seiring berjalannya waktu dan perkembangan mereka,mereka mulai berpindah dari perilaku self-centered dan mulai dapat melakukan pengambilan prespektif yaitu kemampuan untuk menambil prespektif orng lain dan memahami pikiran dan perasaan mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar